Selasa, 14 Agustus 2012

Meng-Install Windows XP di Toshiba Portege M600

Secara default, sistem operasi yang terpasang pada notebook Toshiba Portege M600 E360 punyaku adalah Windows Vista. Karena notebook ini menggunakan hard disk SATA, aku jadi agak ragu apakah sebenarnya notebook ini bisa diinstall Windows XP atau tidak. Terlebih lagi di BIOS nya tidak ada pilihan konfigurasi hard disk SATA, yang biasanya bisa diatur menjadi mode AHCI atau IDE. Jika menggunakan mode IDE maka penggunaan hard disk SATA tidak berbeda dengan hard disk PATA yang terdahulu. Sementara jika menggunakan mode AHCI diperlukan driver khusus. Driver ini digunakan agar kemampuan hard disk SATA yang tidak ada di hard disk PATA bisa digunakan, seperti hot plug dan NCQ (Native Command Queuing).

Driver SATA ini harus di load ketika pertama kali menjalankan aplikasi setup Windows XP. Biasanya ketika muncul "Press F6 if you need to install a third party SCSI or RAID driver...", tekan F6 dan masukkan driver AHCI SATA ke dalam floppy disk. Jadi nanti aplikasi setup nya akan me-load drivernya dari floppy disk. Masalahnya adalah notebook jaman sekarang kan sudah nggak ada floppy disknya lagi. Sebenarnya masalahnya bisa langsung beres jika mode hard disknya bisa diubah ke IDE, cuma sayangnya tidak ada konfigurasinya di BIOS.

Setelah browsing sana-sini, aku menemukan link-link yang cukup membantu dari sini dan dari sini.

Ternyata ada aplikasi yang namanya nLite. Aplikasi freeware ini dapat digunakan untuk melakukan kustomisasi CD instalasi Microsoft Windows XP, 2000, dan 2003. Jadi dengan menggunakan aplikasi ini, instalasi Windows XP dapat dikonfigurasi sehingga nantinya driver AHCI untuk hard disk SATA dapat dimasukkan ke dalam installer dan otomatis akan di load ketika menjalankan aplikasi setup nya.

Jadi, langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk meng-install Windows XP di Toshiba Portege M600 (dan mungkin applicable untuk tipe notebook lain yang menggunakan SATA AHCI) adalah sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi nLite dari sini : http://www.nliteos.com/download.html
  2. Aplikasi nLite ini membutuhkan .NET Framework 2.0. Jika belum terinstall, .NET Framework 2.0 dapat diunduh dari sini
  3. Unduh driver AHCI. Untuk Toshiba Portege M600, chipset yang digunakan adalah Intel G965 Express Chipset. Untuk drivernya, dapat diunduh di: sini. File driver AHCI tersebut bernama iata78_enu.exe. Kalau tipe chipset notebook yang dimaksud tidak ada di dalam daftar, tinggal googling aja. Kalau chipsetnya masih Intel sih harusnya bisa disearch di website Intel nya.
  4. Eksekusi file iata78_enu.exe -a dengan menggunakan priveledge administrator. Option -a hanya akan meng-extract driver AHCI ke direktori [Program Files]\Intel\Intel Matrix Storage Manager\Driver\
  5. Jalankan nLite.
  6. Browse ke direktori tempat file-file instalasi Windows XP disimpan.
  7. Pilih Integrate Drivers dan Create Bootable ISO.
  8. Pada tampilan Integrate Drivers, pilih Insert->Multiple driver folder. Lalu pilih folder [Program Files]\Intel\Intel Matrix Storage Manager\Driver\ (lokasi tempat driver AHCI di-extract).
  9. Pada tampilan selanjutnya, akan ditampilkan list driver AHCI/RAID. Pastikan mode yang dipilih adalah Textmode driver. Toshiba Portege M600 menggunakan AHCI Controller Intel(R) 82801HEM/HBM SATA AHCI Controller (Mobile ICH8M-E/M). Jadi pilih driver tersebut. Atau kalau mau sih sekalian aja di-add semuanya. Jadi bisa digunakan juga untuk notebook lain yang menggunakan chipset yang lain juga.
  10. Kemudian pilih Direct Burn untuk melakukan proses burning installer yang telah dimodifikasi ke dalam CD kosong. Atau pilih Create Image untuk menyimpan installernya kedalam format ISO.
  11. Selanjutnya install Windows XP seperti biasa.
  12. Sebagian driver bawaan Portege M600 hanya dapat digunakan di Microsoft Windows Vista. Jadi, beberapa tidak bisa digunakan di Windows XP. Driver-driver Portege M600 untuk Windows XP, dapat diunduh dari sini.

Sempat panik juga setelah selesai meng-install Windows XP, ternyata driver untuk Graphics Card nya nggak kompatibel di XP, karena memang untuk Windows Vista. Meng-install driver yang diunduh dari website Intel juga nggak bisa, karena sepertinya hanya mau diinstall menggunakan driver yang dikasih langsung dari manufakturnya. Beruntung Toshiba menyediakan driver Portege M600 untuk Windows XP.

0 komentar:

Popular Posts

dfsd

Featured Posts