Senin, 05 Maret 2012

Bagaimana Merawat Komputer Dengan Baik

Bagaimanakah merawat computer saya dengan baik?
Sesungguhnya perawatan computer  adalah hal yang menurutku tidak terlalu sulit untuk dilakukan tinggal kita mengikuti aturan atau tidak, tinggal kita konsekwen atau tidak!  percuma membeli computer merk elite, memakai operating original, memakai anti virus bagus berlisensi mahal, software untilites ternama,  kalau kita sembrono dalam memperlakukan computer kita.

Kok Komputerku Bisa Hang ya?
Ini Baru Kemarin saya beli kok udah rusak?
Mas ini sudah saya  kasih anti virus yang paling bagus mas?
Kok Bisa mati ya mas?
itu adalah pertanyaan umum setiap kali seseorang membawa computer mereka kepada saya untuk diperbaiki !
Saya jelaskan sedikit tentang computer , computer itu terdiri dari 2 buah bagian besar yaitu software dan hardware 
1.  software atau perangkat lunak, adalah  perintah-perintah , atau instruksi-instruksi berupa alogaritma yang dapat diproses oleh computer kita, jika software kita rusak berarti perintah-perintahnya juga rusak kan! Kalo sudah rusak ( Corupt)mana mungkin computer kita bisa menjalakan perintah yang telah ru 
2. Hardware atau perangkat keras, hardware bertugas menjalankan perintah perintah dari software, jika yang menjalankan perintah saja rusak mana mungkin computer kita bisa berjalan dengan baik . 
ketika kita membeli computer usahakan kita membeli computer baru jangan beli computer second, tapi kalau keadaan uang kita pas-pasan dan terpaksa usahakan membeli di tempat yang sudah terkenal kualitasnya, dan memberi  garansi minimal 2 minggu, serta lihat kondisi fisik komponen computer, jika kalian tidak bisa, ajaklah orang yang mengerti tentang computer.
Hal yang harus benar-benar  diperhatikan dalam pembelian:
1. Gunakan / belilah UPS
2. Gunakan PSU/ power supply kualitas bagus ,  jangan beli yang  murahan  minimal  yang berharga 200 ribuan, jagan membeli yang harga di bawah 100 ribu , karna percuma jika kita membeli komponen lain yang bagus tetapi PSU yang kita beli merk murahan, karna PSU sangat mempengaruhi performa computer
3. Gunakan kipas cpu kualitas bagus.
Berikut hal-hal dalam merawat computer kita dengan baik:
1. Letakkan / tempatkan  computer yang pada tempat yang terbuka dan mempunyai sirkulasi udara yang baik, karna sirkulasi udara sangat mempengaruhi kinerja computer. 
2.Gunakan stavolt dan Periksa tegangan pada catu daya, tegangan harus stabil 220 V , jika kurang atau dari 220 V gunakan stabilisator, serta usahakan computer kita mempunyai ground sendiri.
3.Gunakan Windows original, serta software Original ( catatan :Jika Kita Mempunyai Uang lebih)
4.Gunakan Operating system sesuai dengan kumemapuan hardware kita, contoh: jangan pakai windows vista pada computer pentium 4 dan memori 512 Mb
5.Gunakan aplikasi atau game sesuai dengan kemampuan hardware computer kita, contoh: menginstal PES 2012 Pada computer Pentium 4 dengan vga 64 Mb.
6.Aktifkan windows firewall , system restore dan automatic updaten (Penting : Jika windows kita bajakan matikan automatic update)
7.Gunakan anti virus dan anti spyware ( Gratis/ berbayar )  seperti AVG, AVAST,  Avira, Microsoft Security Essentials dan selalu update, jika computer kita tidak terhubung ke internet gunakan manual update.
8.Jangan pernah mematikan atau mendisable anti virus jika memang terpaksa tidak lebih dari 1 jam.
9.Cleanup Computer kita dengan software cleanup  seperti Cclener  clenuplah secara berkala min  satu  Bulan sekali, hal ini berguna untuk membuang file-file temporary, cokies, prefetch yang sudah tidak penting yang hanya memperberat kinerja computer, serta membersihakan atau memperbaiki registry-registri error.
10.Sangat Penting: Selalu Scan flasdisk / memori eksternal yang terhubung ke komputer kita, karna kita sering mengentengkanhal yang satu ini.
11.Gunakan Driver yang cocok dengan hardware yang kita punya, karena menurut pengalaman yang saya alami 30 komputer bermasalah karena mengunkan driver yang tidak pas.
12.Hapus atau uninstall program program yang tidak penting, kebiasaaan kita banyak menginstal software yang kita sendiri kadang tidak tau apa kegunaan software tersebut
13.Selalu Backup data minimal 3 bulan sekali, untuk antisipasi.
14.Bersihkan debu pada computer kita degan mengunakan kuas halus, atau pompa kompresor, karena debu dapat megakibatkan konslet pada computer.
15.Selalu perikasa posisi pemasangan hardware, contoh soket longgar, pemasangan yang kurang pas, baut yang longgar, karna akan berakibat fatal pada computer.
16.Jika computer kita jarang dipakai, Usahakan selalu hidupkan computer minimal 1 jam setiap tiga hari sekali.
17.Hindari computer dari hal hal yang dapat merusak seperti, goncangan, api, air, atau zat-zat yang bersifat korosif.
 
Sesungguhnya masih banyak hal dalam merawat computer tetapi menurut saya 17 hal tersebut jika benar-benar kita kerjakan insyaalah dapat menurunkan tingkat kerusakan hingga 80%

0 komentar:

Popular Posts

dfsd

Featured Posts